News

Telkomsel Gaet Microsoft Kembangkan Kecerdasan Buatan dan IoT di RI

Diposkan

Perusahaan telekomunikasi berpelat merah, Telkomsel bekerja sama dengan Microsoft membentuk kemitraan strategis. Keduanya akan menggabungkan teknologi seperti jaringan internet generasi kelima (5G), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) hingga Internet of Things (IoT).

Teknologi Microsoft seperti Cloud Edge, AI, IoT, dan hub data akan dikolaborasikan dengan jaringan Telkomsel. Hal ini dinilai dapat menghasilkan latensi atau keterlambatan pengiriman data yang lebih rendah.

Kerja sama itu dinilai bisa menghasilkan solusi teknologi yang lebih efektif. “Kami berharap kolaborasi ini meningkatkan daya saing dan kualitas hidup di Indonesia, juga mendorong kinerja bisnis melalui penerapan teknologi digital terintegrasi,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam siaran pers, Selasa (3/3).

Melalui kolaborasi itu, Microsoft memfasilitasi pemberdayaan teknis dan penjualan. Selain itu, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini menyiapkan program pengembangan, sumber daya, dan membantu Telkomsel meningkatkan kemampuan penjualan.

Telkomsel akan meningkatkan kemampuan teknis dan kompetensinya untuk mengadopsi dan meningkatkan solusi Microsoft. Mereka juga akan mengembangkan solusi digital bagi perusahaan, dengan memanfaatkan platform teknologi Microsoft untuk industri energi dan manufaktur. Selain itu, mereka akan menawarkan layanan IoT, Data Hub, dan AI.

“Sesuai dengan fokus Microsoft pada transformasi digital, kami berkolaborasi untuk membangun proyek percontohan di atas infrastruktur Private LTE Telkomsel dengan penerapan Azure Stack Edge,” kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee. Azure Stack Edge dinilai cocok di daerah terpencil yang membutuhkan konektivitas internet dan solusi AI.

Keduanya juga sepakat mengembangkan IoT dengan memanfaatkan evolusi fungsi jaringan Microsoft. Selain itu, kedua perusahaan akan menggunakan teknologi utama yang memungkinkan jaringan hibrida cloud IoT  diperluas.

Melalui kerja sama itu, keduanya akan mempromosikan kegiatan pemasaran dan komunikasi atas solusi teknologi informasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengaruh pasar.

Nota Kesepahaman antara Telkomsel dan Microsoft ditandatangani oleh Haris Izmee dan  Setyanto Hantoro. Acara itu disaksikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella, yang hadir dalam acara //Dev Con/ Microsoft Indonesia Digital Economy Summit di Jakarta, minggu lalu.

Sumber : Katadata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *