News

Sharing dari Senior UX Researcher Tokopedia di Webinar Creavision IndigoHub Makassar

Makassar, 24 September 2021 Indigo, Program Incubator dan Accelerator Startup digital milik PT Telkom Indonesia Tbk. Indigo merupakan program inkubasi/akselerasi startup yang lengkap dengan program pengembangan startup end-to-end. Dimulai dengan kegiatan nurturing creativity di tahapan pre-startup, inkubasi/akselerasi startup hingga pada program sinergi bisnis dan investasi lanjutan atau follow-on funding.

Dengan visi menjadi tempat yang tepat bagi para founder startup di Indonesia, Indigo akan mewujudkan visi inovasi digitalnya yang dapat memberikan dampak besar bagi bangsa dan negara. IndigoHub Makassar sebagai salah satu creative center milik Indigo yang merupakan tempat para founder startup binaan Indigo beraktivitas.

Sebagai bentuk mendukung tumbuhnya ekosistem startup, IndigoHub Makassar kembali menghadirkan program Creavision yang merupakan sharing session berbentuk webinar dari Expert seputar ilmu UI/UX yang erat kaitannya dalam pengembangan produk digital. Webinar berlangsung pada tanggal 24 September 2021, Pukul. 20.00-21.30 WITA menghadirkan  Senior UX Researcher Tokopedia, Fitra Andani dan UX Researcher Tokopedia, Batari Ratih.

Sesi webinar diawali dari pemaparan materi oleh UX Researcher Tokopedia, Batari Ratih. Lebih lanjut dipaparkan oleh Batari, bahwa UX Researcher itu memelajari user kita dengan mengumpulkan data kemudiaan kita melakukan analisis terhadap data user.UX Researcher juga melakukan design thinking process yang mana merupakan sebuah proses base on solve the problem dan ini merupakan metode yang digunakan UX Researcher saat melakukan pekerjaannya.

Adapun step dari Design Thinking Process dimulai dari tahap :


1. Emphatize : Pada step ini, seorang UX Researcher harus mendapatkan empati dari user, apa masalah yang user kita alami

2. Define : Setelah kita peroleh apa saja masalah dari user, informasi tersebut kita kumpulkan menjadi informasi dan kita lakukan analisis

3. Ideate : Analisis yang sudah kita definisikan buat menjadi sebuah ide

4. Prototype : Di tahap ini, seorang UX Researcher membuat protoype berdasarkan ide yang sudah didefinisikan

5. Test : Pada tahap ini dilakukan testing dari prototype yang sudah dibuat.

Lebih lanjut dipaparkan oleh Senior UX Researcher Tokopedia, Fitra Andani mengenai metode dari research itu sendiri, mencakup kuantitatif dan kualitatif. Untuk metode kualitatif sendiri, seorang UX Researcher sendiri dapat melakukan research dengan melakukan metode in-Depth Interview, Usability testing, Focus Group Discussion dll. Demikian halnya dengan metode kuantitatif dapat dilaukan dengan Survey, A/B testing, Usability Testing dll.

Di akhir sesi pemaparan kedua pembicara, oleh Senior UX Researcher juga memaparkan tips dan trik yang dapat dilakukan saat melakukan research kepada responden.

“Di bulan September ini, kami kembali menghadirkan Webinar Creavision. Sesi kali ini kami menghadirkan mereka yang terjun di industri digital berbagi seputar topik UX Researcher yaitu Senior UX Researcher dan UX Researcher dari startup unicorn, Tokopedia. Semoga kedepannya kami dapat terus menjadi bagian dari tumbuhnya ekosistem startup di kota Makassar yang mencakup Kawasan Timur Indonesia, jelas General Manager IndigoHub Maksssar, S. Ariyani (24/09).

Webinar Creavision IndigoHub Makassar ditutup dengan foto bersama antara pembicara dan peserta dan sosialisasi program dari IndigoHub Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *