News

Mulai Hari Ini, Gambar Anak-anak Bisa untuk Pesan Makanan via GrabFood

Diposkan

Menggambar bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kebosanan pada anak selama pandemi corona. Grab pun bekerja sama dengan Google membuat fitur, yang memungkinkan pengguna memesan makanan di GrabFood menggunakan gambar yang dibuat anak-anak.

Fitur tersebut diberi nama Delivery Doodles yang ada di aplikasi Grab. Layanan ini mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menyulap gambar makanan menjadi pesanan sesungguhnya melalui GrabFood.

Proyek percontohan fitur anyar ini tersedia di Malaysia pada 22 Mei dan Vietnam 25 Mei. Di Indonesia, Delivery Doodles tersedia mulai hari ini. 

“Teknologi pendukung Grab Delivery Doodles merupakan model machine learning yang telah dikostumisasi dan dibangun menggunakan tensorflow.js. Ini dijalankan dalam sebuah perangkat secara near real-time,” kata Managing Director, Asia-Pacific Operations Google Aurélien Pichon dalam siaran pers, Jumat (1/6).

GrabFood Delivery Doodles dibangun berdasarkan model machine learning, yang mampu mengenali berbagai gambar hidangan. Perusahaan mengklaim, makanan lokal seperti martabak, nasi goreng, pisang goreng hingga ayam geprek pun bisa dikenali.

Saat ini, karyawan Grab, Google, dan kerabatnya menyumbang lebih dari 10 ribu gambar makanan dan minuman. Hal ini bertujuan mengajarkan sistem komputer untuk mengenali beragam jenis gambar makanan, yang dibuat anak-anak.

Country Head of Marketing Grab Indonesia Daniel Van Leeuwen berharap, fitur anyar tersebut memberikan pengalaman baru bagi pelanggan. “Anak-anak Indonesia dapat mengubah gambar dari beragam jenis santapan favorit khas nusantara menjadi pesanan makanan, yang juga mendukung merchant kami,” katanya.

Untuk menggunakan layanan tersebut, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Grab. Lalu buka fitur Delivery Doodles, kemudian ambil foto gambar makanan yang dibuat.

Nantinya, fitur Delivery Doodles memprediksi gambar makanan tersebut dan memberikan rekomendasi restoran terdekat. Lalu, Anda hanya perlu memesan makanan dan minuman melalui GrabFood.

Inovasi tersebut tentunya akan membantu Grab bersaing dengan perusahaan lain. Apalagi, kini DANA, Google, Instagram, Shopee hingga Tokopedia menyediakan layanan pesan-antar makanan sejak ada pandemi Covid-19.

Sumber : Katadata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *