News

Jaga Privasi, Apple Wajibkan Para Pengembang Lampirkan Label Informasi

Apple meminta pada pengembang iOS untuk memberikan detail informasi terkait pengumpulan data pengguna oleh aplikasi dan pembaruan yang mereka buat pada 8 Desember mendatang.

Dilansir dari NDTV, para pengembang harus menawarkan informasi tentang jenis data yang dikumpulkannya dan daftar App Store akan memberi label informasi itu.

“Hal ini untuk membantu para pengguna dalam memahami praktik privasi aplikasi sebelum mereka mengunduhnya di platform Apple manapun,” jelas Apple seperti dikutip dari NDTV, Jumat (6/11/2020).

Setelah label informasi ini ditayangkan, maka setiap halaman produk aplikasi akan memiliki informasi berisi beberapa jenis data yang dikumpulkan oleh aplikasi pengembang.

Deskripsi ini juga berisikan apakah data pengguna bakal ditautkan atau digunakan untuk melacak aplikasi tadi.

“Anda harus memberikan informasi tentang praktik privasi aplikasi yang dibuat, termasuk praktik mitra pihak ketiga yang kodenya diintegrasikan ke dalam aplikasi Anda di App Store Connect,” jelas Apple.

Tidak ada detail tentang kapan tepatnya label ini akan ditayangkan di App Store. Namun mereka menyebutkan bahwa App Store akan membantu para pengguna untuk memahami praktik privasi aplikasi pada akhir 2020.

Dalam konsepnya, pengembang harus menjawab pertanyaan privasi aplikasi di App Store Connect. Pengembang juga akan diberikan beberapa opsi dan mereka harus memilih jawaban yang sesuai dari sana.

Apple telah meminta pengembang iOS untuk mengungkapkan semua data yang “Anda atau mitra pihak ketiga kumpulkan”, dan telah memperingatkan mereka mesti “bertanggung jawab untuk menjaga tanggapan akurat dan terbaru”.

Untuk membantu pengembang lebih jauh, Apple telah menyebutkan beberapa kriteria di mana tipe data bersifat opsional untuk diungkapkan, dan semuanya disebutkan di situs Pengembang Apple.

Apple pertama kali mengumumkan persyaratan wajib tadi selama peluncuran iOS 14 di WWDC awal 2020.

Meskipun rilis iOS 14 tidak melihat perubahan ini diterapkan, “label” tadi diharapkan muncul di daftar App Store pada akhir tahun ini.

Sumber : Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *