News

Inilah E-Commerce Paling Populer di Asia Tenggara Menurut Riset iPrice

Shopee, Lazada, dan Tokopedia mengukuhkan diri sebagai e-commerce terpopuler di Asia Tenggara untuk periode triwulan III 2019, berdasarkan hasil riset iPrice terbaru. Riset tersebut juga menunjukkan bahwa pasar ketiga e-commerce tersebut di Indonesia bakal menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Sementara itu untuk kategori aplikasi selular, aplikasi Shopee dan Lazada menjadi yang terpopuler di Asia Tenggara walaupun menghadapi persaingan yang ketat dari Tokopedia dan e-commerce asal Vietnam, Sendo.

“Kuartal (ketiga) ini, Shopee, Lazada, dan pemain besar lainnya fokus menawarkan layanan baru seperti acara live streaming dan gim dalam aplikasi, untuk meningkatkan user engagement,” sebut laporan tersebut yang dikutip Jumat (29/11).

Riset ini dilakukan pada Oktober lalu di enam negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, berdasarkan pencatatan dari situs SimilarWeb. Dari enam negara tersebut, Shopee dan Lazada memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak.

Shopee menjadi e-commerce paling populer di Vietnam dan Indonesia. Sedangkan, Lazada merajai pasar Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. “Vietnam dan Indonesia diprediksi akan menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara,” sebut laporan tersebut.

Tak hanya meneliti data regional, riset iPrice juga meneliti data per negara. Di Indonesia, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer dengan kunjungan bulanan tertinggi di antara e-commerce lainnya yakni 66 juta pengguna bulanan, kemudian menyusul Shopee di peringkat kedua dengan 56 juta kunjungan, Bukalapak 42,9 juta kunjungan, dan Lazada 27 juta kunjungan.

“Pemain lokal Tokopedia memiliki pangsa pasar terbesar melalui kunjungan situs, yakni sebesar 25% dari total pasar. Shopee di posisi kedua secara nasional dengan nilai 22% dari total pasar,” ujar laporan tersebut.

Selanjutnya, untuk kategori pengguna aktif bulanan, Shopee memimpin di urutan pertama dengan pengguna aktif bulanan terbesar diikuti Tokopedia, Bukalapak, dan di posisi keempat, Lazada. Kemudian, aplikasi e-commerce yang paling banyak diunduh di Indonesia yakni Shopee, disusul oleh Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak.

Adapun Shopee membukukan lebih dari 138 juta transaksi sepanjang kuartal III tahun ini yakni rata-rata 1,5 juta transaksi per hari. Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto pun optimistis perusahaan dapat memperkuat posisinya sebagai platform e-commerce terdepan di kawasan Asia Tenggara.

“Kami akan membuat berbagai rencana atas pencapaian signifikan kami di tahun-tahun berikutnya,” ujar Christin seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (27/11) lalu.

Salah satu kampanye online Shopee untuk memperkuat posisinya di pasar e-commerce Tanah Air yaitu dalam menyambut hari ulang tahun keempat perusahaan yakni Shopee 12.12 Birthday Sale yang berlangsung sejak 18 November hingga puncaknya pada 12 Desember 2019.

Sumber : Katadata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *