News

Google Sediakan Fitur Cari Tempat Tes Covid-19 Terdekat di Indonesia

Diposkan

Pengguna akan mendapat informasi terkait tempat tes Covid-19 lewat Google Maps. Pesan makanan juga bisa melalui Google saat pandemi corona.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google menyediakan fitur bagi pengguna di Indonesia untuk mencari tempat tes Covid-19 terdekat. Lokasinya akan sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP).

Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google Search dan Maps untuk menelusuri tempat tes Covid-19. Caranya, dengan menulis ‘coronavirus tes dekat saya’, ‘tes virus corona dekat saya’ atau ‘tes covid 19 dekat saya’.

“Kami akan menunjukkan lokasinya yang paling dekat,” kata Google dalam siaran pers, Rabu (8/4). Rumah sakit dan tempat tes yang direkomendasikan itu akan ditandai dengan label ‘Pusat tes Covid-19’ di bawah namanya. Google juga bakal mengaktifkan notifikasi bagi pengguna untuk memverifikasi informasi, dengan menghubungi hotline 119 sebelum mendatangi tempat tes.

Selain itu, Google melalui Google Asistent meluncurkan tools yang memungkinkan pengguna mendengarkan lagu saat mencuci tangan. Caranya, ucapkan ‘lagu cuci tangan’. Maka akan muncul daftar lagu terkait mencuci tangan.

Apabila pengguna ingin mengakses kabar terbaru tentang pandemi corona, Google akan mengarahkan pencarian pada informasi resmi yakni dari Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Google juga mengarahkan pengguna pada informasi seputar upaya medis dalam menangani virus corona. Informasi ini bersumber dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal serupa tersedia di YouTube, lewat galeri ‘Berita Covid-19’. Fitur-fitur dari Google tersebut tersedia dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, Google mengembangkan fitur pada Google Maps yang memungkinkan pengguna memesan makanan. Penguna bisa mengambilnya langsung ke restoran (take out) atau lewat jasa pengiriman (delivery). Di Indonesia fitur itu sudah tersedia. Layanan ini akan bersaing dengan Gojek dan Grab, yang memiliki layanan pesan-antar makanan lewat GoFood dan GrabFood.

Sumber : Katadata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *