News

Facebook Kembangkan AI Buat Gambar MRI Dalam Hitungan Menit

Pasien yang memiliki penyakit tertentu biasanya akan diminta untuk pemeriksaan dengan MRI (Magnetic resonance imaging) yang merupakan pemeriksaan organ tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio.

Proses dengan MRI ini biasanya sangat lambat dan bisa memakan waktu hingga satu jam, di mana pasien diminta untuk tetap diam selama mesin melakukan pemrosesan. Hal ini dapat menjadi masalah bagi beberapa pasien yang mungkin menderita klaustrofobik, ditambah juga ada suara bising yang dihasilkan oleh mesin sehingga dapat menggaung.

Nah, kabar baiknya berkat upaya dari para peneliti dari Facebook dan NYU Langone Health menggunakan AI telah mengembangkan jaringan saraf yang tampaknya dapat memangkas jumlah waktu yang diperlukan untuk menangkap gambar MRI dari satu jam menjadi hanya beberapa menit.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, cara kerjanya adalah alih-alih mengandalkan mesin MRI untuk menangkap 100% data, jaringan nerual ini yang dikenal sebagai fastMRI hanya akan membutuhkan 25% data dan dapat mengisi sisa informasi itu sendiri.

Sejauh ini berdasarkan pengujian fastMRI dengan metode yang lebih tradisional tampaknya sebagian besar tidak ada perbedaan yang signifikan bahkan lima dari enam ahli radiologi tidak dapat membedakan versi yang dihasilkan AI selain dari pemindaian biasa.

Bagian terbaiknya adalah ini dapat dipasang kembali ke mesin MRI yang ada, yang berarti rumah sakit tidak perlu membeli peralatan baru. Selain itu, mengingat seberapa cepat pemindaian dan menghasilkan gambar, fastMRI juga dapat mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan pasien menunggu untuk dipindai sehingga berpotensi mengarah pada perawatan kesehatan yang lebih baik.

Sumber : Detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *