News

Cegah Penyebaran COVID-19, TikTok Rilis Program Mudik Online

Diposkan

Sudah tradisi bagi masyarakat Indonesia yang merayakan Idul Fitri untuk mudik ke kampung halaman di akhir bulan Ramadhan. Tapi Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini tentu berbeda karena pandemi virus Corona yang masih berlangsung.

Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk tidak mudik agar mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas. Untuk mendukung imbauan tersebut, TikTok bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengadakan kampanye Mudik Online.

Head of Public Policy for TikTok Indonesia, Malaysia, and The Philippines Donny Eryastha mengatakan kampanye ini mengajak kreator dan pengguna TikTok untuk menampilkan tradisi mudik dan Lebaran mereka dari rumah masing-masing dengan cara yang sekreatif mungkin.

“Kita ingin pengguna TikTok bikin video yang menampilkan aktivitas mereka di rumah saja, misalnya video call dengan orang tua atau persiapan menyambut Lebaran,” kata Donny dalam konferensi pers virtual, Senin (18/5/2020).

“Tapi intinya tidak mudik dan mudiknya dilakukan online saja,” sambungnya.

Head of Content and User Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra menjelaskan aplikasi besutan Bytedance ini telah memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat video bertema mudik yang menarik.

“Memanfaatkan fitur-fitur yang ada di TikTok, seperti perekam video, ada green screen juga, bahkan kita juga membuat backsound khusus untuk mengikuti kampanye ini,” jelas Angga di kesempatan yang sama.

Selain itu ada juga fitur duet yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan anggota keluarga yang berjauhan dan membuat video yang menunjukkan bagaimana mereka menghabiskan waktu bersama saat mudik dan Lebaran online.

Saat ini tagar #mudikonline di TikTok telah ditonton sebanyak 56 juta kali. Donny mengatakan video-video ini diharapkan tidak hanya memberi hiburan dan mengobati rasa kangen, tapi juga membantu menyebarkan pesan agar masyarakat tidak mudik dulu dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Baik dengan membuat video, menyebarkan videonya, tapi yang paling penting adalah pesannya sampai jadi Lebaran tahun ini kita mudiknya online saja dulu,” pungkas Donny.

Sumber : Detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *