News

Bisnis Langganan Vitamin Berpotensi Mengubah Layanan Kesehatan di Asia


Kita berada di tengah-tengah revolusi gaya hidup sehat yang berlangsung di seluruh dunia, dan tampaknya Asia bakal mengikuti tren ini dengan cepat. Papan reklame yang mengiklankan suplemen makanan menjulang di atas gedung-gedung kota Mumbai, Shanghai, Bangkok, hingga Sydney. Kampanye iklan itu mengajak orang-orang untuk mengupayakan gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit.

Tren ini muncul berkat meningkatnya kesadaran akan kesehatan pribadi, serta akses terhadap layanan kesehatan yang makin terjangkau. Antara 2019 dan 2024, industri ini diperkirakan bakal berkembang dengan laju pertumbuhan tahunan mencapai 8,4 persen menjadi US$72,7 miliar (sekitar Rp1 kuadriliun).

Seiring pergeseran gaya hidup yang cenderung jadi makin sibuk, kunjungan ke dokter dan rumah sakit menjadi rutinitas yang menyulitkan bagi sebagian orang. Kondisi ini menciptakan peluang yang hendak digarap oleh banyak startup baru di Asia.

Sederet perusahaan baru bermunculan, menawarkan layanan pengiriman suplemen makanan yang terpersonalisasi dengan sistem berlangganan. Para pelanggan bisa menerima vitamin dan suplemen makanan yang dikemas rapi dalam saset tiap hari, langsung di depan pintu rumah masing-masing.

Tren ini mungkin relatif baru di Asia, tetapi beberapa startup telah menawarkan layanan serupa di negara-negara Barat. Will Klippgen, Managing Partner dari perusahaan modal ventura (VC) Cocoon Capital mengatakan bahwa bisnis layanan berlangganan yang menyasar kebutuhan berkelanjutan, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan, telah meraih sukses di pasar negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

Misalnya, startup Care Of, penyalur vitamin dengan sistem berlangganan yang berbasis di New York, telah mengumpulkan dana lebih dari US$42 juta mengumpulkan (sekitar Rp580 miliar) sejak diluncurkan pada November 2016. Salah satu investor yang mendukung startup ini antara lain Goldman Sachs.

Selengkapnya : Tech in Asia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *