News

Bikin Bangga, Jumlah Startup di Indonesia Kelima Terbanyak di Dunia

Alih-alih menjadi pegawai, kini semakin banyak kaum muda di Indonesia yang memilih untuk berusaha atau berbisnis sendiri. Hal ini dibuktikan dengan data StartupRanking.com, yang menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi lima besar dengan jumlah startup terbanyak di dunia, yaitu 2.236 usaha baru atau startup.

Fakta ini diungkap oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo Dr. Ir. Banufasius Wahyu Pudjianti, M.Eng, yang mengatakan, “Sebenarnya ini fenomena yang luar biasa, bahkan di dalam riset jurnal, ada yang mengatakan bahwa negara (dikatakan) maju kalau jumlah entrepreneur tinggi, yaitu sekitar 5 atau 6 peresen.”

“Kalau kita lihat dari data tahun 2019, angka startup di Indonesia pernah mengalami penurunan. Karena ada yang survive dan ada yang enggak. Ini yang perlu kita perhatikan,” paparnya.

Data ini juga terus berubah di tahun 2020, ketika para startup ini perlu melakukan survive menghadapi pandemi.

“Situasi 2020 kita berupaya untuk survive, dan yang perlu kita perhatikan sekarang adalah bagaimana caranya kita bertahan di masa pandemi dan intensitas marketnya, ini yang perlu diperhatikan,” ungkapnya.

Sumber : Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *