News

Belanja Online Akan Meningkat Saat Ramadhan Karena Wabah Corona

Diposkan

Wabah virus corona akan mengubah hidup banyak orang di Indonesia menjelang bulan Ramadhan. Beberapa tradisi seperti belanja dan mudik akan terganggu.

Facebook dalam studi terbarunya mulai melihat perubahan ini. Disampaikan Head of Marketing di Indonesia untuk Facebook, Hilda Kitti, orang Indonesia makin sering belanja online sejak dua minggu terakhir Februari 2020.

“Berdasarkan studi, orang yang disurvei mereka melakukan pembelian secara online 20% lebih tinggi di dua minggu terakhir di bulan Februari. Mereka juga menyatakan mengorder makanan secara online 14% lebih tinggi pada dua minggu terakhir,” kata Hilda di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Studi ini dilakukan Facebook bersama Kantar di beberapa negara, termasuk Indonesia, untuk melihat kebiasaan belanja saat Ramadhan. Karena Ramadhan tahun ini diwarnai dengan wabah COVID-19, Facebook pun melakukan studi tambahan.

Semakin seringnya frekuensi belanja online yang dilakukan orang Indonesia dikarenakan masyarakat yang mulai mengurangi kegiatan di luar rumah. Studi Facebook menemukan 52% responden mengatakan mulai mengurangi kegiatan di luar rumah sebagai bagian dari social distancing.

Produk yang mereka beli pun menunjukkan perubahan dengan 48% responden mengatakan lebih sering membeli produk yang terkait kesehatan dan kebersihan untuk mencegah virus corona.

Tapi Facebook melihat akan ada beberapa sektor yang terdampak penjualannya karena virus corona. Hilda mencontohkan sektor wisata, di mana 40% responden Indonesia mulai mencari-cari tiket untuk mudik dua bulan sebelum Ramadhan 2019 tahun lalu.

“Travel itu salah satu industri yang paling meningkat, jadi orang-orang dua bulan sebelumnya pilih-pilih tiket kereta api atau pesawat,” jelas Hilda.

“Tapi tahun ini dengan travel yang sangat dibatasi bahkan disarankan untuk tidak travelling ke mana-mana, pasti akan ada impact yang cukup besar,” pungkasnya.

Sumber : Detik Tekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *