News

Amazon Setop Penjualan Masker N95 untuk Masyarakat Umum

Diposkan

Amazon menghentikan penjualan masker N95 dan masker medis untuk publik sejak 1 April. Penjualan produk-produk ini dan peralatan kesehatan lainnya dikhususkan untuk rumah sakit dan badan pemerintah yang berjuang melawan virus corona.

Dalam pemberitahuan yang diunggah di forum penjual Amazon, perusahaan besutan Jeff Bezos ini mengatakan termasuk dalam pembatasan penjualan ini adalah pelindung muka, baju bedah, sarung tangan bedah dan sanitizer berukuran besar.

Dikutip detikINET dari CNBC, Jumat (3/4/2020) rumah sakit atau badan pemerintah di Amerika Serikat bisa membeli produk-produk tersebut lewat halaman khusus untuk suplai terkait COVID-19. Di sana, mereka harus mengisi formulir untuk mengakses produk-produk kesehatan tersebut.

Situs tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menerima permintaan pembelian dari masyarakat umum. Amazon juga mengatakan bahwa mereka tidak akan mengambil keuntungan dari penjualan tersebut.

Selain masker dan alat pelindung diri lainnya, Amazon juga membatasi penjualan alat diagnosa COVID-19. Mereka juga akan memantau kategori produk lainnya untuk diprioritaskan penjualannya kepada rumah sakit dan pemerintah.

Tapi beberapa produk pembersih seperti sanitizer dalam volume kecil dan tisu disinfektan yang ditujukan untuk penggunaan pribadi masih akan tersedia untuk masyarakat umum.

Amazon mendapatkan stok produk-produk penting ini dari penjual pihak ketiga. Untuk mendorong penjual agar memastikan stoknya terjaga, Amazon berkomitmen untuk tidak mengambil komisi yang biasa diambil dari penjual.

Amazon berjuang keras menghadapi produk terkait virus corona yang dijual di platform-nya. Bulan lalu, mereka melarang penjualan masker dan hand sanitizer di platform marketplace miliknya. Langkah ini diambil untuk menghindari terjadinya lonjakan harga produk-produk tersebut.

Selain itu, mereka juga menghapus lebih dari satu juta produk di platform-nya yang membuat klaim menyesatkan tentang virus corona.

Sumber : Detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *