News

Agar Produk Lebih Unggul Dari Kompetitor, Yuk Intip Kunci Suksesnya di Webinar Startup AtoZ IndigoHub Makassar

Diposkan

Makassar, 11 Oktober 2021 Dalam dunia bisnis pasti selalu ada pesaing. Namun, hal itu bukan sesuatu yang perlu ditakuti karena dari kompetitor kita bisa belajar banyak hal seperti strategi marketing yang mereka terapkan dan mengetahui kualitas produknya. Akan tetapi, kompetitor tetaplah lawan dalam dunia bisnis. Jika produk yang kita miliki tidak mampu bersaing dengan produk mereka, tentu kita akan kalah dalam memperebutkan konsumen.
Salah satu webinar dari IndigoHub Makassar, Startup AtoZ yang merupakan sharing session berbentuk webinar dari Expert yang membahas seputar digitalpreneurship untuk menambah pengetahuan dalam membangun dan mengembangkan bisnis startup. Webinar bulanan yang berlangsung ini merupakan bentuk komitmen dari Indigo sebagai Program Incubator dan Accelerator Startup digital milik PT Telkom Indonesia Tbk untuk mendukung tumbuhnya ekosistem startup.

Webinar Startup AtoZ kali ini, IndigoHub Makassar berkolaborasi dengan Nobel Indonesia Institute dan Politeknik LP3I Makassar yang berlangsung pada tanggal 11 Oktober 2021, Pukul. 15.30-17.00 WITA menghadirkan Zulkifli AT (Founder Sahaba Kreatif) membahas topik “Finding Your Unique Selling Proposition” atau USP. Dalam sesinya, Zulkifli menyampaikan bahwa penting untuk menemukan USP karena hal tersebut menjadi landasan dalam memulai bisnis.

“USP harus ada dalam sebuah perusahaan karena besarnya persaingan market,” tegas Zulkifli mengawalis sesi webinarnya.

Sebelum membahas lebih dalam terkait USP, oleh pemateri memaparkan mengenai proses yang memengaruhi pembelian konsumen yaitu :

  1. Problem : Konsumen ada masalalah
  2. Want need : Berubah menjadi keinginan dan kebutuhan
  3. Selling : Memutuskan membeli

Diantara poin ke-2 dan ke-3, disini merupakan letak dari USP yang melibatkan keputusan konsumen mengapa harus membeli produk kita.

Untuk menentukan USP, dijelaskan oleh Zulkifli AT dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Posisikan diri sebagai konsumen
    Di tahap ini, pastikan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen selain faktor produk. Yang harus ditonjolkan adalah kualitas kenyamanan, kebersihan dan keramahan.
  2. Ketahui perilaku dan motivasi konsumen
    Pada tahap ini, perhatikan faktor demografi dan motivasi pembeli.
  3. Pastikan review yang diberikan konsumen
    Manfaat review untuk mengetahui keunggulan brand serta apa saja yang perlu dikembangkan.

“Melihat geliat persaingan brand saat ini, sangat penting bagi kita pelaku bisnis untuk mengetahui keunikan kita agar dapat bersaing dengan kompetitor. Sesi webinar kali ini menjadi pelaku bisnis untuk dapat sejenak melihat jauh ke dalam seperti apa brand-nya di mata konsumen, seperti apa positioning kita dengan para kompetitor dan menemukan semua pertanyaan-pertanyaan itu ada di webinar ini. jelas General Manager IndigoHub Maksssar, S. Ariyani (11/10).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *