News

Grand Launching Makassar Digital Valley

PT Telekomunikasi Indonesia secara konsisten menjalankan inisiatif pengembangan Industri Kreatif Digital di Indonesia sebagai bagian dari pembangunan ekonomi digital yang diyakini akan menjadi landasan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Inisiatif tersebut jug ditunjukkan melalui pendirian Makassar Digital Valley (MDV) sebagai pusat pengembangan atau inkubator startup digital di Kawasan Timur Indonesia. Kehadiran MDV yang berlokasi di  Jl. AP Pettarani No. 13 Makassar tersebut melengkapi inkubator startup digital lainnya yang telah ada, yaitu Bandung Digital Valley (BDV) di tahun 2011, Jogja Digital Valley (JDV) di tahun 2013, Jakarta Digital Valley (JakDIVA) di tahun 2014. Inisiatif pengembangan Industri Kreatif Digital di Kota Makassar sebenarnya telah diawali dengan didirikannya DILo Makassar pada tahun 2014 di Jl. DR Ratulangi No. 16 kota Makassar. DILo merupakan sebuah tempat pembinaan talenta digital yang dibina untuk menjadi enterpreneur digital maupun talenta digital profesional.

Direktur Digital & Strategic Portofolio TELKOM, bapak David Bangun, meresmikan MDV pada hari Jumat, 17 Mei 2019 dengan didampingi oleh Executive Vice President TELKOM Regional VII bapak Aris Dwi Tjahjanto dan Executive Vice President Media and Digital Department TELKOM, bapak Joddy Hernady.

Makassar Digital Valley menyediakan beberapa sarana, yaitu Co-Working Space sebagai ruang kerja bersama dengan kapasitas 30 orang, classroom untuk kegiatan pelatihan dan mentoring, meeting room, Startup Private Room untuk enam startup sebagai ruang kerja khusus bagi startup tengah mengikuti inkubasi Indigo Creative Nation, Sprint Room untuk pengembangan ide-ide bisnis baru melalui metoda design sprint serta Cafe & Wifi Corner sebagai ruang kerja terbuka yang dapat dimanfaatkan juga untuk diskusi informal. Area ini dilengkapi dengan fasilitas akses internet kecepatan tinggi wifi-id. Disamping sarana fisik, MDV juga memiliki program-program kegiatan untuk startup, seperti mentoring, morning glory, meet-up dan global mentoring, serta bagi para pegiat digital yang ingin meningkatkan kapabilitasnya melalui kegiatan nurturing creativity yang terdiri atas tutorial, workshop, pra-inkubasi, talent-pro dan games academy.

Kerjasama dengan berbagai pihak merupakan salah satu strategi penting dalam pengembangan industri kreatif digital yang juga dijalankan oleh MDV. Makassar Digital Valley telah berkolaborasi dengan berbagai institusi di Kota Makassar yang meliputi institusi akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media. Sejak berdirinya DILO Makassar hingga menjadi MDV saat ini, kolaborasi yang dikembangkan telah menjangkau 112 startup digital, 930 talenta digital, 50 komunitas digital, 3400 anggota, 35.000 pegunjung, 17 Perguruan Tinggi di Kota Makassar, serta telah menyelenggarakan lebih dari 380 event. Makassar Digital Valley juga selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan maupun Kota Makassar untuk bersama-sama mengembangkan potensi digital di Sulawesi Selatan ini. Hingga saat ini telah terdapat dua startup digital yang berasal dari Makassar yang berhasil lolos seleksi program inkubasi Indigo Creative Nation di MDV, yaitu PanenMart dan Mall Sampah. Kami berharap akan semakin banyak startup digital dari Kawasan Timur Indonesia yang berkembang dan berkontribusi nyata bagi pengembangan ekonomi digital Indonesia secara signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *